Dasar dan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

  • Bagikan
Dasar dan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting
Aplikasi zoom meeting Picture by unsplash

Dasar dan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting – Sudah dibuat sejak 2013, masih banyak orang yang asing dengan Zoom Meeting. Untuk Anda yang masih beradaptasi dengan ini, dengan meeting online. Berikut kami ulas dasar dan cara menggunakan aplikasi zoom meeting.

Semoga ini akan membuat tekanan jantung, tensi darah, asam lambung, dan hormon-hormon Anda terjaga karena tidak perlu lagi emosi saat ada undangan pertemuan online via zoom.

Lansung saja… bagaimana cara-cara menggunakan aplikasi Zoom ini?. Gas… simak!. Ohya, Anda bisa menggunakan Zoom dengan handphone, PC, mobile phone, dan tablet device.

 

Cara Membuat akun Zoom

Mendaftar atau membuat akun Zoom, wajib di lakukan terlebih dahulu, apalagi untuk yang akan bertugas menggelar meeting (Licensed User). Bagi peserta (Participant) tidak perlu, namun biasanya penyelenggara meeting membuat otorisasi di mana peserta wajib memiliki user ID. Ada cara mudah dengan mendaftar lewat media sosial atau akun google yang sudah dimiliki, atau dengan langkah-langkah membuat akun seperti ini:

Masuk ke web https: //zoom. us/ signup

  • Isi data (Zoom butuh memverifikasi usia pengguna, minimal 16 tahun), klik Continue
  • Isi data alamat email yang akan di daftarkan, klik Sign Up setelah membaca Privacy Policy and Terms of Service apply.

 

  • Buka email masuk Anda, cari email masuk dari Zoom “Zoom account activation”, lalu klik tombol Activate Account.
  • Jika tombol Activate Account tidak berfungsi, ada link alternatif untuk aktivasi akun.
  • Setelah terdaftar akun zoom, sebagai Licensed User, Anda bisa mengadakan sebanyak mungkin meeting virtual via zoom, meeting terjadwal atau hanya meeting sekali waktu.

Fungsi Host, Co-Host, dan Participant

Ada 3 peran utama di Zoom Meeting. Host, Co-Host, dan peserta / participant.

Host yaitu orang yang mengatur semua aspek dalam meeting termasuk peserta dan jadwal meeting. Berlaku di Zoom basic maupun pro. Berikut ini fitur yang hanya bisa di lakukan Host :

  1. Memulai live streaming
  2. Mengaktifkan waiting roomMemulai dan menghentikan meeting untuk seluruh peserta
  3. Menunjuk peserta sebagai Co-Host atau Host pengganti
  4. Untuk Zoom pro, bisa mengaktifkan fitur closed captioning (cc)

Co-Host yaitu orang yang di tunjuk Host sebagai asisten di dalam Zoom Meeting. Keduanya hampir memiliki fitur yang sama, sama-sama bisa merekam meeting, membatasi interaksi seperti mematikan audio juga membagikan slide screen untuk presentasi. Co-Host juga punya akses untuk remove atau memasukkan peserta yang menunggu di waiting room yang akan masuk ke meeting.

Cara Masuk atau Join Meeting di Zoom

Ada beberapa cara masuk atau join ke meeting Zoom.

1. Klik link invitation (bisa di lakukan walaupun peserta tidak memiliki akun Zoom)
Login ke zoom, klik Join Meeting, ketik Meeting ID dan Password Zoom Meeting jika di minta, klik Join

 

2. Setelah masuk, perlu periksa: “Audio

 

3. Jika ingin bicara di meeting pastikan mic menyala (tidak dicoret). Jika gambar mic dicoret, artinya microphone Anda mati.

 

 

4. Ini tampilan saat Anda sudah masuk di Zoom Meeting. Aktivasi device audio terdiri dari settingan microphone (jika menggunakan headset) dan speaker (jika tidak menggunakan headset).

 

 

5. Ini tampilan jika Anda mengklik Audio Settings. Ada detail dari setelan audio

6. Untuk mendengar suara bisa di atur besar atau kecil volume suara di desktop atau ponsel.

Camera / Webcam

Sama seperti mic untuk audio tadi, kamera juga bisa di atur untuk kenyamanan meeting Anda. Saat ini kami memakai laptop Sony sehingga tampilan di Zoom, pilihan kamera yang muncul adalah Sony Visual Communication Camera.

Virtual Background adalah pilihan jika Anda ingin menggunakan pilihan background tampilan gambar Anda di kamera. Anda juga bisa mengupload gambar background sendiri, tergantung kemampuan device yang Anda gunankan. Hasil terbaik adalah jika kita menggunakan green screen saat melakukan Zoom Meeting sehingga background yang muncul tampak jernih.

Video Filter seperti pada umumnya di filter kamera, Anda bisa mengatur kecerahan tampilan wajah sesuai selera.

Video Setting adalah setelan yang bisa di tentukan untuk tampilan video terbaik, berikut pilihan opsinya:

Fitur Chat dalam Meeting

Chat di Zoom meeting ini memungkinkan semua orang yang berada dalam Meeting dapat saling mengirim pesan. Bisa “Reply” ke orang tertentu yang kita pilih, atau “to Everyone” untuk chat dapat di baca semua orang. Chat ini pilihan komunikasi saat participant tidak memungkinkan membuka audio dan videonya. Misalnya participant ikut meeting sambil mengasuh anak balitanya yang belepotan.

Cara Merekam Meeting dan Mengaksesnya

Rapat di Zoom Meeting dapat di rekam, hanya oleh Host dan Co Host. Kekuatan sinyal yang akan merekam perlu di pertimbangkan agar tidak terpental dari meeting. Rekaman hanya bisa di akses setelah meeting selesai atau setelah keluar dari meeting.File rekaman akan tersimpan dalam bentuk mp4.

Cara Membuat Schedule Meeting

Login ke dalam Zoom, klik Schedule Meeting, lalu isi setiap data yang dibutuhkan sesuai yang Anda inginkan, lalu klik Save.

Time Zone

Jika ingin mengadakan meeting secara berulang, maka tick mark bagian Recurring Meeting. Pilih pengulangan meeting secara harian, mingguan, bulanan, atau periode tertentu. Pilih pula kapan tanggal meeting berakhir.

Passcode

Kode passcode otomatis dari pihak Zoom, tapi bisa di edit untuk lebih mudah di ingat dan memudahkan participant saat proses join meeting. Atau juga untuk membangun brand image dari rapat Anda sendiri. Misal rapat untuk tim produksi film Adamifa, passcode bisa dibuat jadi adamifa.

Waiting Room

Jika Anda ingin mengumpulkan peserta sebelum masuk ke ruang meeting, gunakanlah fitur ini. Ini akan menjaga kodusifitas ruang meeting. Bisa jadi peserta undangan meeting ada seseorang yang tidak kita inginkan bergabung masuk ke dalam meeting.

Fitur Aplikasi Zoom Meeting Ternyata Bisa Begini

Meeting Options

Untuk menjaga kondusifitas meeting, gunakan opsi-opsi berikut:

Allow participants to join anytime. Mengklik ini artinya membolehkan participant masuk ke dalam room kapanpun, baik di awal, di tengah, maupun di tengah meeting. Untuk menjaga kondusifitas meeting, sebaiknya tidak mengklik opsi ini agar tidak ada participant masuk room sembarangan saat diskusi meeting telah berjalan.

  • Mute participants upon entry. Mengklik ini participant yang masuk akan mati audionya.
  • Automatically record meeting on the local computer.  Mengklik ini untuk merekam dan menyimpan rekaman meeting di local computer.
  • Approve or block entry for users from specific countries/regions. Mengklik ini untuk memilih peserta dari negara mana saja yang diperbolehkan masuk ke Zoom Meeting.

Bagikan undangan meeting kepada para participant

Setelah klik Save pada passcode penjadwalan meeting telah selesai, tampilan akan muncul :

link Copy Invitation untuk membagikan undangan meeting kepada para participant. bisa juga membagikan link ini lawat pesan teks dengan aplikasi lainnya, misal WhatsApp.

  • Start untuk memulai meeting (waiting room mulai aktif)
  • Edit untuk mengubah detail meeting
  • Delete untuk membatalkan meeting
  • Save as Template untuk menyimpan jadwal meeting agar mudah di pakai kemudian hari. (Template tersimpan di lihat di Tab Meetings).

Semoga informasi dasar dan cara menggunakan aplikasi zoom meeting membantu. Jangan mau kalah dengan anak cucu untuk menggunakan Zoom.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *