web analytics

Rumus SUMIFS Excel

  • Bagikan
Rumus SUMIFS Excel
Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel adalah untuk menjumlahkan angka-angka dari semua entri data yang memenuhi kriteria kita. Hasil SUMIFS.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel – Guna rumus SUMIFS Excel hendak amat bermanfaat dalam membuat informasi. Di dalam Microsoft Excel jadi salah satu program yang amat menolong para konsumennya dalam memasak nilai supaya lebih kilat serta pas.

Dalam excel sendiri memanglah memiliki banyak rumus atau guna yang dapat kalian lakukan.

Di dalam tiap formulanya terdapat fitur mulai dari penurunan, enumerasi, hingga dengan kalkulasi kompleks bila di coba dengan cara buku petunjuk.

Salah satu guna yang amat bermanfaat ialah rumus SUMIFS. Penggunaannya amat menolong buat membuat informasi yang membutuhkan banyak tata cara kalkulasi. Jadi, kalian tidak harus bersusah payah buat melaksanakan kalkulasi buku petunjuk.

Kombinasi Rumus Excel SUM dengan IFS

Buat dapat menambah nilai dalam Excel, dapat di bilang ini telah jadi kegiatan yang tentu kerap di coba. Aktivitas enumerasi ini sering sekali di coba cuma dengan mengenakan operator matematika saja ataupun pula menggunakan rumus Excel.

Pastinya terdapat sebagian rumus yang sedemikian itu terpaut akrab dengan enumerasi, antara lain merupakan SUM, SUMIF, SUMIFS ataupun SUMPRODUCT. Nyatanya bukan cuma di gabungkan dengan menu IF, tetapi rumus SUM juga pula dapat di gabungkan dengan IFS.

Keduanya ialah bagian dari guna akal sehat, hendak namun buat permasalahan pelaksanaannya, pastinya memiliki perbandingan yang lumayan khusus. Bila pada biasanya guna SUM+IF di gunakan pada enumerasi bersyarat dengan satu ketentuan saja, tetapi berlainan dengan SUM+IFS.

Rumus ini di gunakan buat permasalahan mencari angka enumerasi dengan banyak ketentuan. Sedangkan buat wujud sintaksis dari pencampuran guna ini ialah:

=SUMIFS( SUM_Range; Syarat_Range1; Syarat1; Syarat_Range2; Syarat2;…….)

Penjelasan:

SUM_Range merupakan jarak sel yang berupa berkas angka, dimana ini yang esoknya hendak di jadikan selaku subjek enumerasi.

Syarat_Range1 merupakan bentang sel yang esok hendak di jadikan selaku percobaan akal sehat. Umumnya informasi yang di dapat ialah informasi yang cocok dengan patokan ataupun syarat1.

Syarat1 merupakan suatu alasan yang ada patokan, yang mau di mohon buat di jadikan selaku subjek enumerasi.

Menguasai Guna Rumus SUMIFS Excel

Memahami Fungsi Rumus SUMIFS Excel
Fungsi SUMIFS, salah satu dari fungsi matematika dan trigonometri, menambahkan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria.

Guna SUMIFS tampaknya amat bermanfaat untuk pembuatan informasi. Serta Microsoft Excel merupakan salah satu produk Microsoft Office yang menolong tiap konsumen dalam seluruh aktivitas pengolah nilai. Pastinya dengan Excel ini, hingga kalian hendak mampumengolah informasi berbentuk nilai lebih pas lagi.

Excel sendiri memiliki bermacam rumus ataupun guna buat dapat di terapkan. Tiap formulanya ini memiliki guna berlainan, bagus itu mulai dari enumerasi serta penurunan simpel apalagi hingga kalkulasi kompleks buat di hitung dengan cara buku petunjuk.

Sesungguhnya, bila kalian cermati, ini nyaris serupa dengan guna SUMIF, akann namun yang melainkan antara 2 rumus ini yaituSUMIF cuma di pakai buat satu patokan sedangkan pada SUMIFS di gunakan buat lebih dari satu patokan.

Dalam perihal ini, kalian dapat mengenakan SUMIFS ini buat membagi keseluruhan informasi dengan cara totalitas dengan melaksanakan lebih dari satu pengetesan patokan informasi. Terdapat banyak orang yang mengatakan rumus ini selaku Rumus Excel SUMIF bersusun. Kemudian gimana cara penggunaannya? Selanjutnya penjabarannya.

Cara Memakai Guna Rumus SUMIFS

Cara Memakai Fungsi Rumus SUMIFS
Kamu dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah kamu tentukan. Sebagai contoh, di dalam kolom yang berisi angka, kamu hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 5.

Di kala memanfaatkannya, Microsoft Excel ini sendiri memanglah di ketahui dengan pemakaian rumus di kala lagi bertugas. Pemakaian rumus yang efisien tentulah hendak mempermudah Kamu dalam membuat informasi informasi. Sebagian rumus yang di pakai? Ialah rumus resep serta rumus guna.

Dalam perihal ini kalian bisa mengenakan guna rumus SUMIFS Excel dalam enumerasi angka di bentang yang kriterianya telah di detetapkan. Supaya terus menjadi memudahkan, selanjutnya ini merupakan ilustrasi buat kalian bisa pahami. Pada ilustrasi di dasar ini, pertanyaannya merupakan berapakah jumlah WRP diet yang terdapat pada apotik 2?

Nama Apotek Produk Jumlah
Apotek satu Entrasol Active 17
Apotek satu diabetasol 24
Apotek satu Energen oat 10
Apotek satu wrp diet 8
Apotek satu hilo 19
Apotek dua tropicana slim 20
Apotek dua entrasol active 16
Apotek dua diabetasol 24
Apotek dua Energen oat 25
Apotek dua wrp diet 12
Apotek tiga anlene 13
Apotek tiga tropicana slim 15
Apotek tiga hilo 7
Total jumlah WRP diet di apotek dua

Dengan menggunakan rumus SUMIFS, persoalan di atas bisa dengan gampang di jawab. Kemudian gimana pelaksanaannya di dalam excel? Selanjutnya ini pemaparan serta aplikasi sederhananya. Saat sebelum kalian menghitungnya, silahkan ketik terlebih dulu informasi di atas ke Microsoft Excel.

Menggunakan SUMIFS

Sehabis kalian membuat ilustrasi informasi diatas ke Microsoft Excel, selanjutnya dapat mulai melaksanakan perintah rumus SUMIFS Excel. Triknya selaku selanjutnya:

  1. Tempatkan kursor pada cell c15
  2. Ketikan lah rumus SUMIFS
  3. Patokan buat sum_range di isi dengan range antara C2: C14.
  4. Batesanya buat criteria_range di isi dengan range antara A2: A14.
  5. Patokan buat criteria1 dapat kalian isi dengan bacaan“ apotik 2”
  6. Batasanya buat criteria_range2 dapat kalian isi dengan range antara B2: B14
  7. Berikutnya, patokan buat criteria1 dapat kalian isi dengan bacaan“ wrp diet”.
  8. Aplikasinya di dalam rumus Dapat kalian amati selanjutnya ini.=SUMIFS( C2: C14, A2: A14,” Apotik 2”

Berikutnya, kalian dapat memencet enter serta hendak timbul hasil ialah 12.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel dan Guna AND

Rumus SUMIFS Excel senantiasa bisa kalian maanfaatkan mengenakan 2 patokan ataupun dapat lebih. Tetapi, senantiasa wajib di bantu pula mengenakan kolom dorongan. Kalian bisa memuat kolom dorongan dengan rumus akal sehat yang penilaian kriterianya.

Buat pelaksanaannya, kalian dapat menaruh kursor di Cell D2. Berikutnya kalian dapat mengakhiri rumus selanjutnya ini=AND (A2=”Apotik 2”, B2=”wrp diet”).

Copylah rumus itu pada cell D2 serta setelah itu hasilnya paste pada range D3: D14. Hingga hasilnya, mulai dari kolom D2 hingga D14 hendak timbul bacaan False.

Tahap selanjutnya, ialah mengenakan informasi pada kolom dorongan buat mempraktikkan rumus SUMIFS. Triknya selanjutnya ini:

  1. Tempatkan kursor di Cell C15.
  2. Ketikkan resep rumus buat SUMIFS
  3. Selanjutnya, patokan range dapat kalian isi D2: 14. Range yang ialah hasil rumus AND.
  4. Pada patokan criteria di isi TRUE
  5. Sum_range dapat kalian isi range C2: 14
  6. Ilustrasi Pengetikannya selaku selanjutnya=SUMIFS( D2: D14, TRUE, C2: C14)

Berikutnya, tekanlah tombol enter serta hendak timbul hasil 12.

Kelemahan Menggunakan Rumus SUMIFS

Kelemahan Menggunakan Rumus SUMIFS
Semua kriteria berada dikolom yang sama, yaitu kolom A yang berisi nama-nama apotek. fungsi sum.

Walaupun guna rumus SUMIFS Excel dapat menolong menuntaskan persoalan dengan patokan ataupun lebih lama, tetapi tidak seluruhnya dapat di garap. Ilustrasinya, bila terdapat persoalan berapakah keseluruhan jumlah benda di apotik 1 serta di apotik 2?

Ini tidak bisa di jawab menggunakan guna rumus SUMIFS. Memanglah! persoalan ini dapat di garap dengan 2 guna SUMIFS yang setelah itu di jumlahkan. Walaupun sesungguhnya nyaman, tetapi cara itu senantiasa memiliki kelemahan.

Persoalan yang lain misalnya merupakan, berapakah keseluruhan jumlah produk di apotik 1 serta keseluruhan jumlah WRP diet? Ini juga tidak dapat di garap mengenakan 2 guna SUMIFS walaupun di jumlahkan.

Persoalan itu cuma bisa di selesaikan dengan menggunakan array resep. Ini hendak legal kala kalian tidak mau menggunakan kolom dorongan.

Read: Aplikasi NNN

Akhir Kata

Jadi, gunanya Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel yang jeparaupdate ulas serta pelaksanaannya yang sudah di paparkan diatas dapat kalian terapkan. Saat ini kalian dapat mempelajari ilustrasi yang lain menggunakan rumus SUMIFS ini.

  • Bagikan