web analytics

Jenis Alat Musik

  • Bagikan
Jenis Alat Musik
Jenis Alat Musik Yang Harus Diketahui secara Umum...

Jenis Alat Musik – Yang Harus Di ketahui secara Umum -Musik merupakan bahasa universal yang bisa menyatukan orang dari berbagi macam genre, budaya dan bahasa yang berbeda.

Oleh karena itu banyak orang yang menyebut musik sebagai sarana mempersatukan umat manusia. Semua ketegangan, konflik dan juga hal-hal yang menjadi perbedaan, bisa melebur dengan damai di bawah naungan musik.

Sehingga, tidak heran jika hingga saat ini musik menjadi bagian hidup yang tidak bisa di pisahkan dari rutinitas harian.

Jenis Alat Musik

Jika di dengarkan dengan seksama, musik di hasilkan oleh beragam alat musik yang memiliki cirri, bentuk dan hasil suara yang berbeda-beda.

Demikian juga dengan teknik memainkannya, juga sangat beragam dan memiliki hasil suara yang berbeda-beda pula.

Sehingga, dalam sebuah hasil jadi musik, komponen bunyi yang menyusunnya sangatlah banyak. Untuk itu, mari simak ulasan mengenai beberapa jenis alat musik yang ada dan umum di gunakan oleh orang.

Jenis Alat Musik Berdasarkan Bunyi

Bunyi alat musik memang berbeda-beda, ada yang menyerupai siulan, ada yang menyerupai teriakkan panjang dan beragam jenis bunyi lainnya.

Untuk itu mari cari tahu, jika dari jenis bunyi yang di hasilkan, alat musik di kelompokkan menjadi beberapa jenis dan spesifikasinya seperti apa. Yuk, simak dalam ulasan berikut ini.

Idiophone

Jenis alat untuk musik pertama adalah idiophone. Jenis alat ini menggunakan getaran dari bagian badan alat musik itu sendiri sebagai sumber bunyi yang di hasilkan.

Adapun cara memainkannya juga sangat bermacam-macam, ada yang di tepukkan, di goyang-goyangkan, di hentak-hentakkan, di pukul, dan sebagainya.

Bunyi yang di hasilkan pun sangat kaya dan beragam. Variasi yang di timbulkan juga sangat tergantung dari jenis bahan dan cara memainkannya.

Contoh dari alat musik idiophone ini adalah kajon, bel, marakas, kulintang, simbal, gamelan dan gong.

Membranophone

Jenis selanjutnya di sebut sebagai kelompok membranophone, yang dari namanya juga sudah jelas bahwa sumber bunyinya berasal dari membrane yang di lapiskan atau di pasang pada alat dengan menyisakan ruang untuk gaung udara.

Alat musik jenis ini menggunakan lapisan tipis yang dibentangkan dengan sangat kuat di salah satu sisinya untuk menjaga selama di gunakan.

Cara memainkannya pun mudah, bisa di pukul secara langsung atau mengunakan alat. Misalnya adalah kendang, drum, rebana, dan lain sebagainya.

Chordophone

Jenis yang berikutnya adalah chordophone, yang merupakan alat dengan sumber bunyi dari dawai. Biasanya berukuran lebih panjang di banding laat musik lain, karena rentang dawai yang di gunakan membutuhkan panjang tertentu.

Selain itu teknik memainkannya pun butuh skill khusus karena setiap dawai yang dimainkan memiliki hasil bunyi yang berbeda.

Jenis alat musik ini menggunakan dawai yang di bentangkan secara kuat antara dua titik tertentu. Dawai tersebut kemudian di getarkan untuk menghasilkan suara tertentu karena di bagian bawah atau ujung ada rongga resonansi di bawah dawai-dawainya.

Rongga tersebut berguna untuk memperkuat bunyi yang di hasilkannya, misalnya adalah gitar, harpa, piano, biola, bass dan lain sebagianya.

Jenis Aerophone

Aerophone merupakan jenis peralatan musik yang sumber bunyinya berupa udara.  Sehingga di dalam alat ada ruang-ruang untuk menmpung udara dalam tekanan tertentu yang ketika di keluarkan dapat mengeluarkan bunyi-bunyi khusus.

Cara kerjanya lewat gelombang udara yang di rambatkan di dalam alat, sehingga ketika keluar muncul nada-nada tertentu.

Alat musik jenis ini untuk menghasilkan bunyi, di mainkan dengan cara di tiup atau di pompa. Contohnya adalah  harmonika, flute, terompet, dan akordion.

Electrophone

Jenis alat musik electrophone merupakan jenis alat yang mendapatkan bunyi dari sumber elektrik. Cara kerjanya, mengubah gelombang listrikmenjadi gelombang suara.

Sehingga, penggunaannya mutlak memerlukan sumber listrik agar bisa di mainkan sebagaimana mestinya.

Dalam proses mengubah energi listrik tersebut, bisa melalui komponen pelengkap tertentu dan kadang masih mencirikan alat aslinya.

Misalnya saja gitar elektrik yang masih menggunakan senar untuk mengkombinasikan suara yang di hasilkan.

Jenis alat musik berdasarkan cara memainkan

Di Tiup

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik bisa di bedakan menjadi beberapa kelompok. Pertama adalah alat dengan cara di tiup. Alat jenis ini menghasilkan suara ketika kolom udara di dalamnya di getarkan.

Tinggi dan rendah nada,  ditentukan oleh frekuensi atau gelombang yang di hasilkan. Selain itu, terkait juga dengan panjang kolom udara dan bentuk instrument itu sendiri.

Sedangkan timbre yang di hasilkan, di pengaruhi oleh bahan dasar, kontruksi intrumen dan juga skill pemainnya.  Contohnya adalah seruling dan terompet.

Di Pukul

Jenis alat musik yang kedua dari cara memainkan adalah dengan cara di pukul. Sehingga dari teknik pemukulan yang berbeda, tempo dan kekutaan yang berbeda, bisa mengasilkan bunyi yang berbeda-beda pula.

Biasanya memiliki ruang udara atau bentuk yang kokoh agar kuat di pukul.

Misalnya adalah kendang, drum dan gamelan. Dalam peralatan musik tradisional pun ada, seperti kentongan dan bedug, kamu bisa download lagu viral di website stafaband 123.

Di Petik

Jenis peralatan musik lainnya adalah dengan cara di petik, sehingga dengan memetik senar atau dawai yang ada, bisa di hasilkan bunyi. Seperti gitar, harpha, dan lain sebagianya.

Alat jenis ini memiliki banyak variasi yang kesemuanya butuh skill untuk memainkannya. Karena dari barisan senar atau dawai yang di gunakan, memiliki variasi panjang, tegangan dan lain sebagainya.

Di Gesek

Jenis alat musik yang lain berdasarkan cara memainkannya adalah dengan cara di gesek. Cara memainkannya bisa dengan menggesekkan dua alat untuk menghasilkan bunyi tertentu.

Misalnya saja biola atau sasando. Di bawah dawainya ada ruang udara untuk mengubah gelombang gesekan menjadi bunyi sesuai dengan tekanan yang di inginkan.

Di Tekan

Terakhir adalah jenis alat yang cara memainkannya dengan cara di tekan. Jadi ada tuts atau tempat untuk menekan tombol tertentu agar menghasilkan bunyi.

Misalnya saja piano yang untuk menghasilkan bunyi tertentu. Kombinasi antara kecepatan, ketepatan dan juga tempo yang di mainkan, menghasilkan bunyi yang berbeda juga.

Musik Orchestra

Dari beragam jenis alat musik dan cara memainkannya, dalam menyuguhkannya bisa dengan solo, band serta orchestra. Memainkan secara solo artinya adalah dengan cara satu alat di mainkan sendirian.

Seperti gitar yang biasa di mainkan oleh Saul Hudson, Stevie Ray Vaughan dan Jimmy Hendrik, download lagu mereka di website terpercaya..

Lalu ada drum dan beragam instrument lainnya yang di mainkan secara sendirian.

Band

Jenis selanjutnya adalah di mainkan secara bersama dalam format band. Ada yang bertindak sebagai vokalis, gitaris, basis, keyboardis dan drummer.

Banyaknya pemain, biasanya di komponen gitar dan bass. Sedangkan drum hanya satu dan bertugas untuk control kecepatan tempo yang di mainkan.

Untuk jenis pemainan orchestra biasanya memiliki paduan yang lebih kompleks sehingga bunyi yang di hasilkan sangat kaya dan luar biasa megah. Ada beberapa yang memegang gitar, piano, biola dan lain sebagianya.

Read: Dentingan Sape’

Akhir Kata

Demikian ulasan Jeparaupdate mengenai serba-serbi alat musik, sehingga bisa di ketahui jika dari musik yang indah terdapat beragam komponen alat musik yang mendukungnya.

Sungguh menarik sekali bukan? Tertarik untuk mencoba salah satunya? Selain di gunakan untuk menyalurkan hobi, memainkan alat musik bisa juga berguna untuk melepaskan emosi negatif sehingga hidup bisa lebih tenang dan positif.

  • Bagikan