7 Jenis Ikan Mas Paling Langka

  • Bagikan
Jenis Ikan Paling Langka
Jenis Ikan Mas Paling Langka unik dan bagus. Ikan yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang ini memiliki nama latin (Cyprinus carpio)

Jenis Ikan Mas Paling langka Masyarakat Indonesia Dengar – Siapa di sini yang masih membayangkan kalau ikan mas hanya berwarna kuning? jika masih ada, kalian perlu membaca artikel ini sampai tandas.

Ikan yang di bawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang ini memiliki nama latin (Cyprinus carpio), ada yang habitatnya di air tawar dan payau dan senang menggerombol.

Mulai di pelihara di Indonesia tahun 1920 an, ikan mas Punten dan Majalaya adalah dua jenis ikan mas yang sukses di kembangkan di Indonesia. Hari ini, sudah ada 10 jenis ikan mas yang teridentifikasi dan tersebar di Indonesia. Apa saja itu, ini dia!

7 Jenis Ikan Mas langka Masyarakat Indonesia Dengar

1. Ikan Mas Punten

Sesuai dengan namanya, Jenis Ikan Mas Punten adalah salah satu Ras dari ikan mas yang sukses di kembangkan di Indonesia. Ikan ini pertama kali di kembangkan di desa Punten, Malang 1993 (Saat ini, Punten masuk wilayah administrasi Kota Batu).

Ciri fisik

Paling mencolok dari Ikan Mas Punten tubuhnya relatif pendek. Punggungnya cenderung melebar dan tinggi. Banyak kalangan menyebut Ikan Mas Punten berbentuk bulat dan pendek. Memiliki warna sirip hijau kegelapan dengan mata agak menonjol keluar.

Seperti kebanyakan jenis ikan mas pada umumnya, Ikan Mas Punten bertipikal Omnivora, mulai dari dedaunan; lumut; serangga dan cacing. Sampai sekarang, jenis ikan ini masih dapat anda temui langsung di kolam-kolam Laboratorium Punten Kota Batu.

2. Ikan Mas Majalaya

Seperti halnya Jenis Ikan Mas Punten, Ikan Mas Majalaya adalah Ras yang sukses di kembangkan di Indonesia. Ikan ini pertama kali di kembangkan di Majalaya, Bandung, Jawa Barat. Hasil kerja keras tangan dingin H. Ayub, Adjin dan Prof. Atmadja.

Ikan Mas Majalaya salah satu yang paling banyak di budidayakan di Indonesia karena banyak sisi keuntungan yang di dapat. Mulai dari fisik, genetik dan fisiologinya. Beberapa keunggulannya adalah tahan terhadap serangan penyakit, masa pertumbuhannya cepat dan memiliki daging yang enak.

Ciri fisik

Ikan Mas Majalaya berwarna agak kehijauan dari kepala sampai ekor, tubuhnya bersisik, memiliki badan agak lebar, perut yang cenderung besar, kepalanya kecil dan bentuk tubuh yang kuduk.

3. Ikan Mas Sinyonya

Mendengar Sinyonya, yang kita pikirkan pastinya sosok perempuan. Begitu juga dengan Ikan Mas Sinyonya yang sangat spesial ini, banyak di buru peternak lantaran cepat sekali bertelur.

Berbeda dengan Jenis ikan mas lainnya, Ikan Mas Sinyonya banyak di kembangbiakan di sawah atau sungai dengan di buatkan bedengan agar tidak lari kemana-mana. Naas, Ikan Mas Sinyonya mulai jarang atau langka di temukan di pasar lantaran sedikitnya pembudidaya yang mau membudidayakan ikan tersebut. Hal ini terjadi atas dua faktor utama, Pertama : Sulitnya mencari lahan sawah atau sungai dengan daya dukung kualitas perairan yang bagus. Kedua, bibitnya yang mulai langka.

Ciri fisik

Dari Ikan Mas Sinyonya memiliki tubuh memanjang dengan punggung agak pendek. Warna sisiknya kuning dan kuning keputihan. Saat masih muda, matanya cenderung menonjol, kemudian saat dewasa akan melebar ke sisi kanan dan kiri.

Read: 10 Aplikasi Wallpaper Terbaik

4. Ikan Mas Taiwan

Ikan Mas Taiwan di duga berasal dari Taiwan ini memiliki bentuk tubuh memanjang dengan punggung membujur laksana punggungan anak panah. Memiliki sisik berwarna hijau kekuningan, sirip dekat duburnya agak kemerahan yang mempercantik penampilannya. Ikan Mas Taiwan sangat reaktif terhadap gerakan di sekelilingnya.

5. Ikan Mas Merah Najawa

Ikan Mas Merah Najawa menjadi salah satu komoditas penting di perikanan air tawar karena sifatnya yang mudah di pelihara, di kembangbiakan dan memiliki nilai jual yang cukup kompetitif.

Ciri fisik

Jenis Ikan Mas Merah Najawa sangat mencolok daripada ikan mas yang lain. Warna badannya merah menyala dari kepala sampai pangkal ekor. Bentuk tubuhnya gemuk panjang dan di kenal rasa dagingnya yang sangat enak.

Ikan Mas Merah Najawa memiliki potensi bisnis yang cukup signifikan di mana warna merah yang di milikinya menjadi buruan para pembudidaya.

6. Ikan Mas Rajadanu

Jenis Ikan Mas Rajadanu memiliki ciri morfologi yang cukup mudah di kenali mengingat perbedaannya dengan ikan mas lainnya cukup kontras. Bentuk badannya memanjang; memiliki sisi yang cukup banyak; punggungnya berwarna hijau keabuan namun di perutnya berwarna putih.

Sama halnya dengan ikan mas lainnya, Ikan Mas Rajadanu bertipikal Omnivora atau pemakan segala mulai dari hewan dan tumbuhan. Cara makan Ikan Mas Rajadanu saat di dalam perairan dengan cara mengambil lumpur kemudian di muntahkan kembali, ia hanya akan menghisap bagian yang dapat di cerna.

7. Ikan Mas Yamato

Jenis Ikan Mas Yamato di datangkan dari negeri Sakura. Nama Yamato di ambil dari peneliti yang berhasil memijahkan ikan yang kemudian sukses di budidayakan di kawasan Asia.

Kepopuleran Jenis Ikan Mas Yamato tidak hanya di negeri Sakura saja, Ikan Mas Yamato juga di kenal di Cina, Taiwan dan kawasan Asia Tenggara.

Read: Tujuh Negara Sepakati Pakta untuk Melindungi Hutan Amazon

Bentuk tubuhnya hampir mirip dengan Ikan Mas Rajadanu dengan bentuk tubuh lonjong dan memiliki sisik hijau keabuan. Namun, Ikan Mas Yamato bentuk tubuhnya agak ramping dengan sirip hijau kecoklatan.

Beberapa upaya telah di lakukan demi meningkatkan produktivitas jenis ikan mas di atas, hal ini bertujuan agar suply ikan mas tetap terjaga. Degradasi iklim dan kualitas perairan menjadi kendala utama proses budidaya 7 Daftar Ikan Mas paling Langka Masyarakat Indonesia Dengar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *