Pembukaan KKN IAIN Kudus di Desa Sowanlor

  • Bagikan
Pembukaan KKN IAIN Kudus di Desa Sowanlor Kedung Jepara

Pembukaan KKN IAIN Kudus di Jepara – mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi Kompetensi IAIN Kudus. Telah melaksanakan pembukaan KKN-IK di Desa Sowan Lor Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara pada (8/ 9/21).

Apa itu KKN?

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Merupakan sebuah kegiatan yang berupa pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu yang sudah di tetapkan.

KKN biasanya bentuk pengintegrasian dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara pragmatis oleh mahasiswa.

Kuliah kerja nyata terintegrasi kompetensi adalah kegiatan kuliah kerja nyata yang divlaksanakan secara terintegrasi antara kompetensi program studi dan pengabdian terhadap masyarakat secara langsung.

Kegiatan kuliah kerja nyata terintegrasi kompetensi ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi yang di miliki mahasiswa sesuai bidang keilmuanya tujuannya kearah meningkatan kemampuan dan keprofesian.

Kegiatan KKN-IK IAIN

Tema yang di angkat pada kegiatan KKN-IK yakni, “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”. Kegiatan pembukaan KKN-IK IAIN Kudus bertempat di Balai Desa Sowan Lor, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

KKN-IK di ikuti oleh 23 Mahasiswa yang terdiri dari berbagai lintas program studi dan fakultas Institut Agama Islam Negeri Kudus menyelenggarakan pembukaan serta perkenalan mahasiswa KKN-IK di Desa sowan lor Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.

Kegiatan berlangsung pada pukul 20:00 – 21:00 WIB bertempat di Balai Desa sowan lor, Kedung, Jepara dengan mendatangkan beberapa tokoh penting desa yang terdiri dari kepala desa Bapak Muh. Hadiyanto, perangkat desa, ketua RT, delegasi dari karang taruna dan Dosen pembimbing lapangan Bapak Aristoni M.H.

sambutan bapak petinggi desa sowanlor
Gambar 2 Sambutan dari bapak Kepala Desa, DPL, dan Ketua Kelompok KKN-IK @kknsowanlor

Sambutan

“Mahasiswa saya terima untuk melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Sowan Lor, dari pihak desa meminta bantuan untuk pengklasteran UMKM, saya berharap dari tim KKN dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada masyarakat desa Sowan Lor dan juga menjadi pengetahuan tersendiri bagi mahasiswa KKN-IK karena menjadi pengalaman.

Pertama berada di desa Sowan Lor kurang lebih selama satu bulan kedepan, pihak desa siap memfasilitasi dan mensupport setiap program kerja dari tim KKN apabila membutuhkan bantuan. ”Ujar Pak Muh. Hardiyanto.

Dosen Pembimbing Lapangan mengatakan, Mahasiswa tetap jaga nama baik Institusi dan menjadikan KKN-IK ini untuk ajang melatih jiwa sosial dan mental dalam kehidupan bermasyarakat

Setelah sambutan dari pak kepala desa acara di lanjutkan dengan simbolis penyerahan mahasiswa KKKN-IK dan perkenalan dari tiap peserta KKN.
Program kerja tim KKN-IK, di antaranya ada pengklasteran UMKM, pengembangan Website Desa, Penyusunan buku, Sosialisasi Moderasi Agama, dan beberapa program kerja yang lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *