Teknik Analisis Data

  • Bagikan
Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data adalah suatu metode atau cara untuk mengolah sebuah data menjadi informasi sehingga karakteristik data...

Teknik analisis data ialah suatu tata cara buat mengerjakan data sampai jadi data. Kala melaksanakan riset, analisis data wajib dicoba supaya data yang diperoleh dapat dimengerti. Analisis ini juga dicoba untuk pemecahan atas kasus kala riset dicoba.

Bisa jadi kalian yang sedang SMP ataupun SMA, belum sangat bersahabat dengan yang namanya riset ataupun analisis data. Tetapi pada dikala kuliah ataupun kegiatan esok, kalian hendak kerap menemui keduanya.

Jadi mulai saat ini, persiapkan dahulu dengan membaca sebagian data selanjutnya ini.

Pengertian Teknik Analisis Data

Semacam yang mulanya telah dibilang, kalau teknik analisis data ini merupakan sesuatu usaha ataupun cara pengerjaan data sampai menjadikannya selaku data yang terkini. Dengan cara ini, hingga diharapkan karakter dari data itu dapat jadi lebih gampang buat dipahami.

Tidak hanya itu analisis data juga di coba buat mencari pemecahan bila terjalin permasalahan pada di kala cara riset di coba. Data yang bertabiat insightful, juga dapat jadi prinsip buat mengutip suatu ketetapan yang pas dalam melaksanakan bidang usaha kedepannya.

Tujuan Analisis Data

Pasti saja analisis data ini memiliki tujuan yang hendak di gapai dalam sesuatu cara riset. Dapat di bilang kalau analisis data tercantum salah jenjang yang di coba dalam riset, serta berhubungan akrab dengan konsep riset dan permasalahan yang tadinya telah di detetapkan.

Teknik analisis data ini cuma dapat di coba bila poin-poin riset yang di perlukan sudah terkabul, ilustrasinya saja pengumpulan data telah pas serta cocok dengan kasus dalam konsep riset.

Sebaliknya tujuan dari teknik analisis data, ialah buat memastikan serta mendapatkan kesimpulan dengan cara global yang di peroleh dari seluruh data riset yang tadinya telah di gabungkan. Tidak hanya itu, ini juga berperan buat menarangkan serta mendefinisikan data-data hasil riset supaya gampang di mengerti.

Macam-macam Teknik Analisis Data

Dengan cara biasa, terdapat 2 tipe teknik analisis data yang di coba pada di kala riset. Kedua teknik itu merupakan riset dengan cara kualitatif serta kuantitatif. Buat uraian dengan cara lebih lanjut, ikuti data yang terdapat di dasar ini.

1. Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif, ialah analisis data yang di peroleh dari data-data hasil rekaman, memo, tanya jawab, kajian pustaka, serta juga kesertaan. Teknik yang satu ini lebih berpusat pada data-data yang karakternya kualitatif.

Pada analisis data kualitatif, hendak mangulas ataupun menganalisa konsep-konsep dari sesuatu permasalahan tanpa terdapatnya data-data berbentuk nilai. Analisis data pada riset kualitatif ini sedang di pecah jadi 3 bagian, serta selanjutnya ini uraiannya.

Analisis Isi ataupun Konten

Analisa konten di peroleh dari komunikasi dalam riset, serta ini mempunyai kemampuan buat jadi bagian berarti dalam riset. Analisis konten di coba buat menganalisa data- data yang terdapat pada kondisi khusus, terpaut kelompok-individu ataupun budaya-atribut mereka.

Dalam analisis konten, umumnya data di peroleh ataupun di peroleh dari hasil rekaman, bagus itu rekaman berbentuk lukisan ataupun suara. Rekaman yang juga di ucap selaku transkripsi itu hendak jadi modul tekstual.

Analisis Wacana

Teknik analisis artikel dalam riset kualitatif mempunyai tujuan buat menganalisa komunikasi ataupun artikel dampingi sasaran riset dalam sesuatu kondisi sosial. Dalam analisis ini, sebagian aspek yang di kaji semacam catatan, ceramah, bahasa, obrolan lisan dan nonverbal, serta lain serupanya.

Analisis Naratif

Dalam riset kualitatif, teknik analisis data naratif ini mempunyai tujuan buat mempelajari serta menganalisa hal berkas cerita dari suatu kejadian yang terjalin. Sehabis itu, kejadian di jadikan dalam wujud narasi ataupun deskripsi, misalnya saja semacam amatan memoar.

2. Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data kuantitatif ialah teknik yang mengatur serta memasak data yang karakternya statistik ataupun sejenis angka-angka. Dalam teknik yang satu ini, tipe data yang di pakai merupakan data numerik ataupun nilai yang dapat di hitung dengan cara tentu dengan memakai metode statistik.

Sebagian ilustrasi buat data kuantitatif itu semacam tingkatan, arsip data, survey, serta lain serupanya. Nah, teknik analisis dalam tata cara riset kuantitatif ini di pecah jadi 2. Ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uraian semacam di dasar ini.

Statistik Deskriptif

Dalam riset kuantitatif, analisis data deskriptif ini berarti analisa data dengan cara mendefinisikan serta melukis data yang sudah di temui tanpa terdapatnya pergantian sedikitpun. Jadi data itu di gambar betul-betul dengan cara apa terdapatnya.

Cerita dalam riset kuantitatif ini melukiskan data numerik dengan cerita dengan cara nyata hal data itu. Ilustrasi dari riset dengan analisis cerita kuantitatif ini semacam jumlah pekerjaan, penjatahan baya, serta lain-lain.

Statistik Inferensial

Statistik inferensial ini mempunyai kewajiban buat menarik kesimpulan dari sesuatu elastis yang tadinya telah di awasi beralasan pada data yang di peroleh pada abstraksi populasi. Pada riset kuantitatif, abstraksi ini merupakan cara mengutip kesimpulan buat golongan lebih besar bagi yang lebih kecil.

Statistik inferensial mempunyai tujuan buat memastikan sepanjang mana data yang di peroleh dapat menggantikan serta merepresentasikan populasi sasaran. Statistik ini tidak dapat di coba dengan memakai teknik ataupun tata cara yang serupa buat data yang berlainan. Tetapi kalian butuh memakai kesimpulan semacam selanjutnya.

  • Buat data ordinal, memakai tata cara non-parametrik.
  • Membuat data nominal, memakai tata cara analisis jenis.
  • Buat data istirahat serta perbandingan, memakai tata cara parametrik.

Read: Panduan Membangun Blog Praktis !!

Teknik Pengerjaan Data

Sehabis kita mangulas hal teknik analisis data, pasti saja rasanya tidak komplit bila tidak mangulas teknik pengerjaan data. Betul, teknik pengerjaan data ini terdiri dari sebagian jenjang, yang butuh buat kalian tahu semacam di dasar ini.

1. Pengumpulan Data

Langkah awal dalam teknik pengerjaan data, ialah pengumpulan data itu sendiri. Dalam jenjang ini, kalian butuh mengakulasi seluruh data yang di butuhkan. Janganlah hingga terdapat satupun data yang terlampaui, sebab perihal itu dapat mengganti hasil akhir riset.

2. Pengeditan Data

Sehabis seluruh data yang di perlukan sukses di gabungkan, hingga langkah selanjutnya merupakan melaksanakan pengeditan ataupun editing. Dalam analisa, editing ini ialah aktivitas buat mengecek kejelasan dari pengisian instrumen data, semacam catatan statment buat responden.

3. Pengkodean Data

Pengkodean ataupun coding dalam suatu riset, ialah berarti cara pengelompokan ataupun pengenalan dengan membagikan simbol-simbol spesial semacam nilai buat tiap balasan responden. Isyarat ini di serahkan beralasan pada elastis yang telah di awasi.

4. Tabulasi Data

Dalam jenjang tabulasi ini, kalian butuh melaksanakan data kata kepala, enumerasi data, serta kategorisasi data yang tadinya telah di kodekan ke dalam bagan. Ini merupakan jenjang terakhir dalam langkah pengerjaan data yang harus buat kalian jalani.

Sehabis melaksanakan 4 jenjang di atas, hingga selanjutnya kalian butuh memaknakan serta menganalisa data itu biar dapat di mengerti oleh orang luar selaku suatu data. Buat memaknakan serta menganalisa data, kalian bisa memilah salah satu teknik analisis data yang telah di paparkan di atas.

Read: Contoh Judul Skripsi Lengkap

Tetapi butuh buat kalian ketahui, kalau tata cara riset yang butuh di pakai butuh di cocokkan dengan data, apakah wajib memakai teknik kualitatif ataupun kuantitatif. Cara analisa data ini merupakan salah satunya jalur buat menemukan balasan dari kasus yang terdapat dalam riset.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *